1001 KISAH - SEKITAR 1.193 Peserta Siap Naik Panggung MTQ Nasional 2016

Ahad, 31 Juli 2016 19:30


Mataram, NU Online
Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Nasional ke-26 yang dihelat di sejumlah tempat di Provinsi Nusa Tenggara Barat bakal menjadi panggung unjuk kebolehan 1.193 peserta dari seluruh penjuru Nusantara. Mereka akan ber-musabaqah menjadi yang terbaik di tujuh cabang lomba.

Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam (Dirjen Bimas Islam) Kementerian Agama Prof H Machasin dalam jumpa pers sebelum pembukaan MTQ Nasional menyebutkan, sebelumnya peserta yang mendaftar sebanyak 1.303 orang. Setelah diverifikasi, yang lolos seleksi administratif hanya 1.200 orang peserta. Kemudian kembali dilakukan verifikasi fisik atau pendaftaran ulang pada 29 Juli 2016. Penyusutan kembali terjadi hingga tersisa 1.193 orang.

“Sementara 7 orang tidak daftar ulang sehingga dianggap mengundurkan diri. Jadi, peserta sebanyak 1.193 karena ada tujuh yang tidak hadir,” kata Machasin yang juga menjabat Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Sabtu (30/7).

Menurut Machasin, poin penting yang ditekankan adalah integritas dan kejujuran. Kepada dewan diharapkan betul-betul menjaga MTQN 2016 agar tidak ternodai oleh hal yang mengganggu. “Dewan Hakim harus pastikan diri jaga integritas,” tandas mantan Rais Syuriah PBNU ini.

Dewan Hakim yang dilantik Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Hotel Golden Palace, Mataram, Sabtu (30/7), dipimpin Ketua Umum Ikatan Persaudaraan Qori-Qoriah dan Hafiz Hafizah (IPQOH) Prof Dr H Said Agil Husin Almunawar. Sementara Mubarak, mantan Dirjen Haji, yang menjabat Ketua Badan Pelaksana Masjid Istiqlal, bertugas sebagai dewan pengawas.

Machasin menambahkan, ada tujuh cabang yang dilombakan yakni tilawah (pembacaan Alquran), tahfiz (hafalan Al-Qur'an), tafsir Al-Qur'an, fahmil Quran, syarhil Quran, penulisan makalah ilmiah Al-Quran, dan cabang khath atau menulis indah Al-Quran. “Tujuh cabang itu dibagi menjadi 18 golongan, ada individual ada pula kelompok. Dengan juara 1, 2, 3 dan juara harapan,” terangnya.

MTQ Nasional XXVI 2016 kali ini mengusung tema “Mewujudkan Revolusi Mental dalam Rangka Pengamalan Islam Rahmatan Lil Alamin”. Tema tersebut seiring dan sejalan dengan revolusi mental yang menjadi program Nawacita Presiden Jokowi. (Musthofa Asrori/Mahbib) (Sumber:NU.OR.ID)

Popular posts from this blog

Dua Kisah Calon Ahli Neraka yang Masuk Surga - NU.OR.ID

Nahdlatul Ulama | Peringatan Imam Syafi’i untuk Mereka Yang Gemar Copy-Paste di Medsos

Siapakah Orang Yang Kekal di Neraka Selamanya?